Audit Pencahayaan Gedung A, B dan D Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Program Adlight Ditjen EBTKE Kementerian ESDM

Dalam rangka mendorong penggunaan lampu LED produk dalam negeri yang hemat energy dan berkualitas tinggi, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Direktorat Konservasi Energi Kementerian ESDM RI melalui Proyek Adlight, dengan objek yang dikerjasamakan antara lain :

  1. Audit energi Gedung A, B dan D, lingkungan Setda Provinsi Jawa Tengah.
  2. Technical assistance meliputi pendampingan dan monitoring.
  3. Peningkatan SDM di bidang Konservasi Energi berupa pelatihan dan sertifikasi auditor energi bagi ASN Provinsi Jawa Tengah yang diikuti 10 orang calon auditor energi.
  4. Hibah lampu LED sebagai percontohan untuk Gedung A dengan jumlah sesuai hasil audit energi

Guna menindaklanjuti Proyek Adlight, dilakukan sinkronisasi data laporan hasil audit (Tim Adlight) dengan pengelola Gedung A Sekretariat Daerah Provinsi Jateng, yakni Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah) pada 9 – 11 November 2022 didapatkan hasil sebagai berikut:

  1. Jumlah perhitungan sementara Hibah lampu LED Gedung A Setda Prov. Jateng sejumlah 1.288 unit, dengan rincian :
    – Bulb sejumlah 41 unit
    – T8 sejumlah 1.220 unit , 100 diantaranya adalah smart lamps (dapat dikendalikan melalui aplikasi smartphone)
    – T5 20W untuk Lt 1 sejumlah 27 unit.
  2. Hibah sensor lampu sejumlah 20 unit yang rencananya akan dipasang di depan lift lantai 1 – 12 dan ruang rapat lantai 2, 3 dan 4 Gedung A Setda Prov. Jateng.
  3. Simulasi di lux 300-350 dengan membandingkan LED dan CFL perlu diexercise dalam beberapa hari kedepan, adanya penambahan jumlah lampu panel setelah mendapatkan data luasan ruangan lantai 1 dari Biro Umum Setda, potensi saving dan konsumsi energi yang perlu disesuaikan dengan TDL P2 dan P1 maka laporan dari konsultan perlu difinalisasi pada 15 November 2022.

Hasil laporan audit tim Adlight yang telah disetujui oleh Direktorat Konservasi Energi Ditjen EBTKE digunakan sebagai dasar pengadaan barang (lampu LED, smart lamp dan sensor lampu) untuk dihibahkan yang akan dilaksanakan pada Januari 2023

 

(Visited 10 times, 1 visits today)